Pada titik tertentu Anda akan pernah mendengar tentang cryptocurrency dan bertanya-tanya apa itu, bagaimana mulai beroperasi dengan koin crypto, bagaimana cara membeli atau bahkan bagaimana menghasilkan uang menggunakan teknologi baru ini.

Untuk memulai perdagangan mata uang kripto dengan benar, penting untuk dipahami bahwa mata uang kripto adalah mata uang digital yang menggunakan teknik enkripsi kriptografi untuk menawarkan transaksi yang lebih aman, dan pada saat yang sama merupakan mata uang terdesentralisasi, yang membuatnya independen dari pemerintah atau bank sentral, sehingga nilainya tergantung pada penawaran dan permintaan yang dimiliki mata uang digital ini. Koin crypt pertama yang dibicarakan adalah Bitcoin, yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto, yang memperkenalkan blockchain, perangkat lunak yang menjadi dasar Bitcoin.

Pertama-tama, penting untuk diingat bahwa perdagangan mata uang kripto melibatkan tingkat risiko yang tinggi, jadi tidak disarankan untuk menginvestasikan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya.

Perdagangan mata uang kripto
Perdagangan mata uang kripto

Apa itu perdagangan mata uang kripto? Bagaimana memulai perdagangan?

Menyebutkan risiko, salah satu cara untuk menghasilkan keuntungan menggunakan kriptosistem adalah dengan memperdagangkan kriptosistem, dan yang kami maksud dengan perdagangan adalah pembelian dan penjualan mata uang ini untuk mendapatkan keuntungan dari perbedaan antara harga saat kami membelinya dan harga saat kami menjualnya. Ini dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti membeli barang apa pun, yaitu, kita membeli cryptocurrency dengan harga murah di pasar spot (kita membelinya dan langsung menerimanya), kita menyimpannya untuk sementara, dan ketika harga telah naik cukup untuk menghasilkan keuntungan, kemudian kami menjual cryptocurrency, juga di pasar spot, dan kami memperoleh keuntungan sebagai selisih antara kedua harga.

Apa yang Anda butuhkan untuk berdagang dalam cryptocurrency?

Transaksi perdagangan tidak dilakukan secara fisik, semuanya dilakukan secara digital, dan dimungkinkan untuk dilakukan dalam pertukaran cryptocurrency, yaitu pertukaran digital yang berfokus pada perdagangan cryptocurrency. Dan jika kita ingin memperdagangkan mata uang kripto dengan cara ini, maka kita perlu membuka akun di bursa, dan mendaftarkan akun di portofolio mata uang kripto, di situlah kita akan menyimpan mata uang kripto yang kita beli. Harus ditekankan bahwa pertukaran adalah situs web, atau aplikasi, yang menawarkan beberapa mata uang kripto paling populer di pasar, dan pada prinsipnya ini adalah tempat di mana setiap mata uang kripto dihargai. Harga akan tergantung pada jumlah cryptocurrency yang tersedia (setiap cryptomoney memiliki kuantitas yang tersedia dan terkadang terbatas pada jumlah tertentu), dan pada penawaran dan permintaan yang dimiliki setiap cryptomoney. Ini berarti bahwa semakin sedikit koin crypt yang Anda miliki untuk dijual dan semakin tinggi permintaannya, semakin tinggi harga yang harus Anda bayar untuk mendapatkannya. Namun jika sebaliknya, permintaan sedikit dan Anda banyak, maka harganya akan lebih murah.

Beberapa kerugian dari perdagangan dengan jual beli, yang telah kami jelaskan, adalah bahwa kita harus memiliki akun terbuka di setidaknya satu bursa, kita memerlukan portofolio mata uang kripto dan setiap kali transaksi dibuat komisi dari persentase ini dibayarkan ke bursa dan ke blockchain itu sendiri, yang membuatnya mahal untuk melakukan transaksi ini. Hal ini pada gilirannya telah menciptakan kebutuhan untuk menciptakan metode alternatif untuk memperdagangkan mata uang kripto.

Cryptocurrency terkenal
Cryptocurrency terkenal

Salah satu metode alternatif untuk memulai perdagangan cryptocurrency dan dapat menghasilkan keuntungan adalah dengan menggunakan apa yang disebut CFD (Contract For Difference), yaitu untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga riil tanpa harus memiliki cryptocurrency, yang membuat mereka pengoperasiannya "lebih mudah" dan biaya operasionalnya "lebih murah".

Untuk dapat memperdagangkan mata uang kripto melalui CFD, pertama-tama Anda harus memiliki akun perdagangan di broker, itulah sebabnya ketika memilih broker, Anda harus memperhatikan berbagai poin dasar seperti:

  • Bahwa Anda memiliki layanan pelanggan dalam bahasa kami, ini karena pada titik tertentu Anda akan memiliki beberapa pertanyaan, dan apa yang lebih baik daripada ketika Anda menghubungi layanan pelanggan mereka akan menjawab semua keraguan kami dengan jelas dan dalam bahasa Inggris.
  • Ini menawarkan platform perdagangan yang tersedia untuk perdagangan dari komputer pribadi dan dari aplikasi yang tersedia untuk ponsel, sehingga Anda dapat berdagang dari mana saja dan kapan saja. Dan tentunya aplikasinya juga harus tersedia dalam bahasa kita.
  • Tawarkan akun demo, akun demo akan membantu kami mempelajari cara kerja platform, dan memungkinkan kami memperoleh pengalaman berdagang dengan uang latihan, jadi kami tidak mempertaruhkan uang sungguhan untuk mempelajari cara berdagang.
  • Berapa jumlah minimum dan maksimum deposit dan penarikan? Pada awalnya ini tampaknya tidak begitu penting, tetapi setelah Anda memperoleh pengalaman, Anda harus jelas tentang jumlah ini seolah-olah tujuan Anda adalah untuk menghasilkan pendapatan tambahan, Anda harus menyetor uang nyata untuk mulai menghasilkan di akun perdagangan Anda. Bahkan, setelah Anda siap untuk memulai dengan akun nyata, Anda dapat melakukan setoran minimum untuk melihat seberapa siap Anda, setoran minimum disarankan agar Anda tidak mengambil risiko terlalu banyak modal saat memulai.
  • Metode apa yang tersedia untuk menyetor dan menarik dana. Poin yang sangat penting, karena platform harus menawarkan metode yang nyaman untuk menyetor dan menarik uang dalam bahasa Inggris.

IQ Option adalah contoh platform tempat Anda dapat memperdagangkan mata uang kripto melalui CFD. Ini menawarkan berbagai mata uang kripto, memiliki platform bahasa Inggris dan layanan pelanggannya tersedia 24/7.

Mata uang kripto utama yang perlu dipertimbangkan saat bernegosiasi

Saat ini pasar kripto merupakan pasar yang sangat besar, terdapat lebih dari 3000 mata uang kripto yang berbeda, meskipun sebagian besar memiliki harga yang sangat kecil, yang membuat para pedagang fokus pada mata uang kripto dengan volume perdagangan tertinggi atau dengan kapitalisasi pasar tertinggi ( kapitalisasi adalah jumlah mata uang yang beredar di pasar dikalikan dengan nilai unit kripto itu), seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Bitcoin adalah yang terbesar dengan kapitalisasi hampir 6 kali lebih tinggi dari Ethereum, kedua dalam daftar dan Tether di posisi ketiga. Dalam daftar yang sama ini, ada cryptocurrency terkenal lainnya seperti Litecoin, XRP (Ripple), Bitcoin Cash, garpu yang muncul dari Bitcoin itu sendiri, atau Cardano, meskipun ada cryptocurrency lain dengan kapitalisasi pasar yang lebih rendah seperti Stellar, IOTA, NEO atau Monero yang juga dioperasikan dengan cukup baik dan masuk dalam 35 besar dengan kapitalisasi tertinggi. Daftar tersebut menunjukkan kapitalisasi pasar pada tulisan ini.

Bagaimana Anda menganalisis koin kripto untuk menemukan titik masuk pasar?

Ketika Anda telah memilih broker tempat Anda akan berdagang, Anda harus mempertimbangkan strategi perdagangan, ini karena Anda harus menghindari perdagangan secara luas. Anda harus selalu melakukan analisis mata uang kripto yang ingin Anda perdagangkan, karena ini akan memungkinkan Anda untuk menghindari apa yang dikenal sebagai "perdagangan buta", dan pada saat yang sama dengan menganalisis mata uang kripto Anda akan dapat mengendalikan emosi. yang dibawa oleh perdagangan.

Saat mengembangkan strategi trading, ada dua konsep penting yang perlu dipertimbangkan:

  • Analisis fundamental adalah analisis berita, peristiwa yang terjadi dan yang dapat mempengaruhi cryptocurrency yang menarik bagi kita. Ingatlah bahwa semakin cepat kita mempelajari tren baru dalam kripto (jika kita adalah pengguna awal), semakin banyak keuntungan yang dapat kita ambil dari pergerakan harga yang kita miliki. Untuk membuat analisis berita seakurat mungkin, kita harus terus-menerus membaca apa yang terjadi di dunia crypt, ini adalah informasi yang tersedia di internet dan gratis, jadi kita harus memanfaatkannya.
  • Analisis teknis: ini adalah analisis grafik harga untuk menemukan pola berulang yang dapat memberi kita sinyal perdagangan (kemungkinan peringatan untuk memasuki pasar dengan operasi beli atau jual), jadi cobalah untuk memprediksi pergerakan harga yang mungkin Anda miliki. Ketika kita berbicara tentang analisis teknis, kita berbicara tentang analisis tren, penggunaan beberapa indikator teknis (indikator adalah alat yang memungkinkan analisis data historis melalui rumus matematika), beberapa garis tren, support atau resistance, dll. Selanjutnya kita akan menjelaskan penggunaan beberapa konsep analisis teknis dan beberapa indikator dan bagaimana ini dapat digunakan dalam mengoperasikan mata uang kripto.
Indikator untuk analisis teknis
Indikator untuk analisis teknis

Tren pasar: Tren dapat didefinisikan sebagai arah yang diambil pasar selama periode waktu tertentu. Tren naik, atau pasar bull, adalah ketika aset telah mendapatkan nilai selama beberapa menit, jam, hari, dll. terakhir; sebaliknya, tren turun, atau pasar beruang, adalah ketika aset telah terdepresiasi.

Garis support dan resistance: ini adalah garis yang ditarik pada grafik harga dan harga telah menyentuh beberapa kali (baik naik atau turun), tetapi tidak bisa tembus. Support adalah ketika harga mencoba untuk turun tetapi tidak dapat melampaui harga minimum yang telah dicapai sebelumnya dan memantul ke atas; resistance pada dasarnya sama tetapi dalam hal ini harga mencoba untuk naik dan tidak bisa di atas harga maksimum dimana memantul ke bawah. Fibonacci retracements adalah alat yang hebat untuk membangun zona support dan resistance dengan membagi ketinggian pergerakan ke level yang berasal dari rasio Fibonacci.

Contoh garis support di 0.08946 USD dan garis resistance di 0.11246 USD untuk setiap Cardinal pada grafik candlestick Jepang pada kerangka waktu satu hari per candle.

Analisis teknis juga mencakup penggunaan indikator, dengan rata-rata bergerak (MA) menjadi salah satu indikator yang paling umum digunakan. Rata-rata bergerak mewakili nilai rata-rata aritmatika harga yang terus dihitung selama periode waktu tertentu, dan berfungsi untuk mengidentifikasi tren naik atau turun. Ini adalah tren naik jika grafik harga berada di atas garis yang mewakili rata-rata bergerak, dan tren turun jika berada di bawahnya. Rata-rata pergerakan eksponensial (EMA) adalah turunan dari MA, dan sering digunakan bersama dengan indikator lain, seperti Bollinger Bands, untuk membuat strategi perdagangan yang lebih kompleks dan karenanya "lebih akurat", meskipun akurasi tidak ada hubungannya dengan jumlah indikator yang digunakan. Kombinasi indikator lainnya seperti Stochastic Oscillator atau Relative Strength Index (RSI) dengan Bollinger Bands juga dapat digunakan untuk menemukan momen volatilitas dan pasar overbought atau oversold. Terakhir, ada banyak indikator yang akan memberi kita sinyal perdagangan tergantung pada apa yang mereka hitung, ada rata-rata bergerak konvergensi-divergensi (MACD), atau juga indeks arah rata-rata (ADX).

Rencana Perdagangan. Memulai dengan benar dalam perdagangan cryptocurrency

Hal lain yang harus diperhatikan ketika memperdagangkan mata uang kripto adalah rencana perdagangan, rencana perdagangan akan membantu kita mengelola akun perdagangan kita dengan lebih baik dengan berfungsi sebagai panduan dan pada saat yang sama akan membantu kita untuk memiliki manajemen keuangan yang lebih baik dan mengurangi potensi risiko keuangan secara maksimal. Untuk membuat rencana perdagangan, pertama-tama kita harus memikirkan apakah kita ingin berdagang jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan pasar yang kecil, atau perdagangan jangka panjang untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan yang lebih besar. Kerangka waktu mana pun yang kami minati, kami harus ingat bahwa ketika memperdagangkan mata uang kripto melalui CFD, ada beberapa alat yang harus disediakan oleh platform perdagangan yang kami pilih untuk mengelola risiko kami dengan lebih baik. Salah satu alat ini adalah Stop loss, alat yang akan memungkinkan kita untuk menghentikan kemungkinan kerugian kita (jika pasar bertentangan dengan kita) pada level yang telah kita pilih, atau Take profit, yang merupakan pengambilan keuntungan pada level tersebut. kami telah memprogram dan akan mengambil tindakan setelah harga mencapai level tersebut.

Beberapa platform juga memungkinkan kami untuk memprogram operasi sesuai dengan analisis kami, dan jika harga aset menyentuh harga di mana kami ingin memasuki pasar, maka operasi akan terbuka secara otomatis; ada 4 jenis operasi yang bisa kita programkan yang dikenal dengan pending order yaitu 2 jenis order sale, dan 2 jenis order beli. Ingat bahwa ketika kita memprogram pending order tidak ada waktu untuk negosiasi, operasi akan dibuka hanya jika harga aset menyentuh harga di mana kita ingin memasuki pasar, tentu saja, selama tersedia, jika tidak. mungkin ada sedikit penurunan harga.

Pesanan penjualan adalah:

  • Batas penjualan: ketika Anda memiliki operasi penjualan terjadwal di atas harga pasar saat ini.
  • Sell ​​stop: ketika Anda memiliki operasi penjualan terprogram di bawah harga pasar saat ini.

Pesanan beli adalah:

  • Batas beli - ketika Anda memiliki perdagangan beli terjadwal di bawah harga pasar saat ini.
  • Buy stop: ketika Anda memiliki operasi terprogram untuk membeli di atas harga pasar saat ini.
Kondisi perdagangan
Kondisi perdagangan

Strategi perdagangan umum

Satu masalah terakhir yang harus ditangani adalah beberapa strategi umum saat berdagang, tetapi strategi ini lebih fokus pada bagaimana perdagangan akan dilakukan, atau berapa lama perdagangan akan aktif, daripada pada analisis harga aset. Beberapa "cara" untuk berdagang adalah:

  • Perdagangan hari, seperti namanya, adalah perdagangan yang dibuka dan ditutup pada hari yang sama, keuntungan terbesarnya adalah tidak ada biaya yang dibayarkan untuk membiarkan perdagangan terbuka semalaman.
  • Swing trading adalah kebalikan dari perdagangan hari, di mana Anda memiliki perdagangan terbuka untuk jangka waktu yang lebih lama, berlangsung hingga beberapa minggu terbuka. Keuntungannya adalah trader mendapat keuntungan dari pergerakan jangka panjang.
  • Scalping, ini adalah cara trading dalam jangka waktu yang sangat pendek, karena yang dicari adalah membuka banyak operasi, dan setiap kali sebuah operasi berhasil mendapatkan keuntungan, sekecil apa pun, ditutup, sehingga ketika menjumlahkan semua keuntungan kecil dari semua operasi yang dilakukan, diperoleh keuntungan yang menarik; kelemahan dari strategi trading jenis ini adalah Anda harus berada di depan komputer setiap kali akan melakukan trading.
  • Membeli dan menahan, ini adalah cara perdagangan yang kami jelaskan di awal ketika kami berbicara tentang pertukaran mata uang kripto karena Anda membeli dengan harga rendah untuk menjual pada harga yang lebih tinggi untuk mengambil keuntungan dari perbedaan harga.
Daftar dan dapatkan!
Daftar dan dapatkan!

Saya harap artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda untuk lebih memahami perdagangan cryptocurrency dan bagaimana memulai di dunia ini. Jadi, jika Anda merasa itu berguna, mulailah berdagang kriptosistem di akun latihan Anda, dan seiring bertambahnya pengalaman, Anda dapat berinvestasi dari waktu ke waktu di akun langsung dengan setoran minimum.

Sebagai penutup saya ingin menjawab beberapa pertanyaan yang sangat umum di antara mereka yang tertarik untuk memulai di dunia trading ini.

FAQ:

Apakah perdagangan cryptocurrency aman?

Berdagang dalam mata uang kripto adalah aktivitas yang berisiko, yang berarti Anda dapat memperoleh untung dan juga rugi, jadi tidak disarankan untuk menginvestasikan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya.

Anda tidak memiliki satu uang kripto yang lebih baik dari yang lain, analisis pasar dan temukan satu yang menurut Anda stabil menurut analisis Anda sendiri. Yang dapat saya komentari adalah bahwa mata uang kripto yang paling baik diperdagangkan adalah yang menunjukkan stabilitas lebih dalam jangka menengah dan panjang.

Pada prinsipnya, beroperasi dengan cryptocurrency adalah gratis, meskipun kita harus ingat bahwa ketika transaksi dilakukan dengan cryptocurrency, kita selalu membayar komisi kecil ke bursa dan ke blockchain yang memproses pembayaran kita. Jika kami memperdagangkan CFD, maka biaya per perdagangan bergantung pada leverage yang kami gunakan dan hari kami membuka perdagangan (komisi malam), tetapi memulai dengan akun nyata untuk mendapatkan pengalaman gratis.

Ini bisa menjadi kegiatan yang menguntungkan, tetapi penting untuk selalu mengingat risiko yang terlibat.

Cryptocurrency utama berdasarkan kapitalisasi pasar adalah Bitcoin, Ethereum dan Tether.
Cryptocurrency utama berdasarkan reputasi: Bitcoin, Ethereum dan XRP (riak).

SEDERHANA DAN ANDAL
PENARIKAN UANG
Visa
Mastercard
Help 2 pay
Negara Bank
Bank Bri
CIMB Niaga
Mandiri